Kinerja dan Kelebihan Pemakaiannya Lampu Jalan Tenaga Surya

adminMarch 24, 20193min00
photo-1544806133-21dba8e0101f.jpg
<a href="https://www.royalpv.com/kategori-produk/lampu-jalan-pju-solar-cell/">Lampu jalan tenaga surya</a> sudah banyak digandrungi oleh masyarakat. Terlebih, lampu jenis ini dianggap lebih hemat dan juga ramah lingkungan serta energi. Apalagi, sumber energi yang digunakannya menggunakan energi gratis dan tidak terbatas karena berasal dari sinar matahari. Biasanya, lampu jenis ini digunakan pada lampu-lampu di jalan raya, dermaga, jalan terpencil, atau dan lain sebagainya.

Lampu jalan tenaga surya sudah banyak digandrungi oleh masyarakat. Terlebih, lampu jenis ini dianggap lebih hemat dan juga ramah lingkungan serta energi. Apalagi, sumber energi yang digunakannya menggunakan energi gratis dan tidak terbatas karena berasal dari sinar matahari. Biasanya, lampu jenis ini digunakan pada lampu-lampu di jalan raya, dermaga, jalan terpencil, atau dan lain sebagainya.

Kinerja Lampu Jalan Energi Surya

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa lampu jalan yang satu ini menggunakan tenaga atau sinar matahari untuk mengisi daya dan energinya. Pada dasarnya, lampu ini hanya akan menyala atau memancarkan sinar ketika daya sudah diisi. Nantinya, ketika siang hari, lampu secara otomatis ter-charg atau terisi dayanya oleh matahari. Kemudian ketika malam hari datang, secara otomatis lampu akan menyala.

Lampu jalan ini seringkali disebut sebagai PJU atau penerangan jalan umum energi surya. Di dalamnya, terdapat komponen yang mendukung fungsinya sebagai penerangan jalan. Baterai yang digunakan pun adalah baterai yang kompatibel, nantinya baterai tersebut akan terisi energi yang dibuat dari energi matahari kemudian diubah jadi tenaga listrik. Penerimaan dan pengubahan listrik ini dilakukan oleh sebuah modul atau panel surya.

Kelebihan Lampu Surya

Setelah Anda mengetahui perihal lampu jalan yang bekerja dengan bantuan sinar matahari, maka tentu banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Beberapa kelebihan dari penggunaan lampu tersebut tentunya sangat banyak. Dari mulai masa pemakaiannya yang bisa mencapai 50.000 jam dengan sumber daya berjenis DC dan menggunakan lampu LED.

Pemakaiannya pun bisa lebih menghemat biaya operasional karena sifatnya yang tahan lama. Apalagi baterai yang digunakan menggunakan hi-power yang bebas perawatan. Biasanya, baterai ini berjenis VRLA dengan tipe Deep Cycle. Apalagi lampu jenis ini pun sangat ramah lingkungan dan tidak mencemari lingkungan.

Hal unik dan menarik lainnya dari penggunaan lampu jalan tenaga surya ini adalah Anda tidak perlu menggunakan kabel jaringan yang dipasangkan antar tiang ke tiang. Dengan begitu, pemasangan dan instalasinya pun akan lebih mudah juga praktis. Tidak perlu juga adanya penggunaan listrik sehingga anggarannya bisa digunakan untuk hal lain. Bahkan, ketika terjadinya pemadaman, lampu ini akan tetap menyala dan terkena imbasnya.

Meskipun begitu, kadangkala lampu jenis ini pun memiliki kekurangan. Terlebih ketika cuaca sedang tidak bersahabat sehingga lampu menjadi tidak terang bahkan mati. Apalagi ketika pemasangannya tidak tepat, bukan tidak mungkin lampu malah tidak berfungsi dan bahkan berakibat pada kerusakan nantinya. Untuk itu, meskipun banyak kelebihannya, namun pemakaian dan pemasangan yang tepat harus diutamakan.

Dari beberapa hal tersebut, tentunya bisa dilihat kalau lampu jalan tenaga surya ini bisa dijadikan solusi. Apalagi ketika energi listrik sudah terlalu banyak digunakan. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih menghemat frekuensi dan biaya operasional penggunaan listrik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *