Pentingnya safety training di lingkup kerja

adminOctober 1, 20183min00
safety-training.jpg
<em>Safety training </em>sangat penting dalam hidup sehari-hari, terutama dalam pekerjaan yang beresiko terhadap kecelakaan di lapangan kerja. <em>Safety training</em> atau sering disebut <a href="http://www.learningsuite.id/training-k3/">training keamanan kerja</a> diperlukan untuk mencegah atau meminimalkan resiko terhadap kecelakaan itu sendiri.

Safety training sangat penting dalam hidup sehari-hari, terutama dalam pekerjaan yang beresiko terhadap kecelakaan di lapangan kerja. Safety training atau sering disebut training keamanan kerja diperlukan untuk mencegah atau meminimalkan resiko terhadap kecelakaan itu sendiri. Banyak orang menyepelekan pentingnya safety training, sebelum mengalami musibah yang merugikan dirinya maupun orang lain. Beberapa orang menggambarkan safety training seperti gunung es, dimana biasanya gunung es memiliki gunung di permukaan air laut yang lebih kecil jika dibandingkan badan gunung yang terpendam di bawah permukaan air laut. Hal ini ingin menggambar suatu situasi yang terlihat aman atau terkendali namun sebenarnya memiliki potensi bahaya jika tidak dikendalikan sejak awal. Umumnya safety training memang diberikan sebagai suatu tindakan pencegahan terhadap kecelakaan yang tidak diinginkan, memberikan kesadaran kepada setiap orang akan potensi bahaya yang bisa terjadi di lingkup kerjanya jika tidak berhati-hati.

Beberapa perusahaan yang sudah sadar akan pentingnya pengetahuan terhadap safety training akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada karyawannya untuk belajar akan hal ini. Bahkan memberikan perhatian utama terhadap safety sebagai salah satu habit perusahaan yang harus dimiliki oleh setiap karyawannya. Karena kecelakaan kerja yang terjadi di lingkup perusahaan selain merugikan karyawan yang bersangkutan juga merugikan perusahaan itu sendiri. Merugikan karyawan misalnya karena kecelakaan kerja, karyawan menjadi tidak bisa masuk kerja, sehingga pekerjaannya menjadi terbengkalai, atau menyebabkan cacat fisik permanen sehingga tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala. Merugikan bagi perusahaan misalkan terjadi konslet listrik karena pemeliharaan yang kurang baik, sehingga menyebabkan kebakaran, yang dapat menelan korban jiwa atau kerugian fisik yang akan diderita perusahaan. Sehingga akan lebih baik jika perusahaan memberikan perhatian khusus terhadap masalah safety sejak awal. Perusahaan dapat mendesain kantor dengan prasarana yang dapat menunjang kondisi safety, demi mengurangi kecelakaan kerja. Seperti memberikan jalur pedestrian, memberikan garis safety pada permukaan tanah yang berbeda, memberikan peringatan untuk berpegangan pada handrail ketika menaiki tangga, peringatan untuk tidak menggunakan handphone saat menaiki atau menuruni tangga dan masih banyak lainnya. Hal-hal kecil semacam ini dapat meningkatkan awareness karyawan untuk selalu berhati-hati di lingkungan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *